rubianto.id

13 Februari 2023

Buku Saku Imunisasi Tetanus Pada Wanita Usia Subur

Eliminasi tetanus maternal dan neonatal atau MNTE (Maternal and Neonatal Tetanus Elimination) didefinisikan sebagai situasi dimana kejadian kasus TN<1 per 1000 kelahiran hidup di setiap kabupaten/kota dalam 1 tahun. Untuk mempertahankan status eliminasi tetanus matenal dan neonatal ada tiga kegiatan yang berkontribusi yaitu KIA dengan indikator persalinan di fasilitas kesehatan > 87%, Surveilans Tetanus Neonatorum yang berkualitas dan cakupan status T2+ > 80%.


Pemberian imunisasi tetanus pada Wanita Usia Subur (WUS) sebagai bagian upaya mempertahankan status MNTE di Indonesia memerlukan upaya pencapaian status T5 bagi semua WUS termasuk ibu hamil. Sebagai rangkaian upaya mencapai status T5 tersebut, pemberian imunisasi tetanus harus didahului dengan melakukan penapisan.

Baku saku ini memuat informasi terkait penyakit tetanus, pencegahan penyakit tetanus, cara penapisan status T pada WUS, penentuan status T pada WUS, pelaksanaan imunisasi tetanus pada WUS serta pencatatan dan pelaporan imunisasi tetanus pada WUS yang akan menjadikan acuan bagi petugas di setiap tingkatan mulai dari puskesmas, dinas kesehatan kabupaten/kota, dinas kesehatan provinsi, pemerintah, swasta serta semua pihak terkait.

Untuk mendapatkan buku saku tersebut KLIK DISINI....

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog