rubianto.id

24 Desember 2022

Ibu Hamil Makan Durian, amankah?

Selain nanas, durian cukup sering disebut sebagai buah yang pantang disantap saat hamil. Ada yang beranggapan bahwa makan durian saat hamil bisa memicu masalah pada kehamilan, seperti keguguran, pendarahan vagina hingga cacat lahir pada janin. Benarkah seperti itu?

Memberi Energi Tambahan

Ibu hamil mungkin akan lebih mudah lelah, terlebih jika masih harus mengerjakan berbagai aktivitas dan pekerjaan. Nah, kalau Anda/istri kita sedang hamil bisa mencoba untuk makan durian karena kandungan karbohidrat, gula dan kalori dalam durian dapat menambah energi yang dibutuhkan tubuh.

Menambah Asupan Folat

Durian mengandung folat yang cukup tinggi. Nutrisi ini merupakan salah satu jenis nutrisi yang penting bagi ibu hamil dan janin karena dapat menunjang pembentukan saraf, otak dan tulang belakang janin, serta mencegah terjadinya cacat bawaan lahir dan bayi. Selain itu, folat juga berperan dalam menghasilkan sel darah merah, sehingga Anda/istri kita yang sedang hamil bisa tercegah dari anemia atau kurang darah.

Menjaga Kolesterol 

Sebagian dari kita sering menganggap bahwa durian adalah buah yang kaya akan kandungan kolesterol. Padahal tidak benar, meski mengandung lemak yang cukup tinggi, jenis lemak yang ada dalam durian bukan kolesterol. Kolesterol hanya diperolah dari lemak hewani, sehingga tidak ada dalam lemak nabati yang salah satunya adalah durian. Karena kandungan seratnya yang tinggi, durian justru dianggap dapat mencegah peningkatan kolesterol.

Menjaga Kadar Gula Darah

Durian merupakan buah dengan indeks glikemik rendah. Ini artinya, durian tidak cepat meningkatkan kadar gula dalam darah. Para peneliti menduga, hal ini karena kandungan serat, lemak, kalium dan antioksidan durian yang tinggi. Akan tetapi kalau Anda/istri kita mau mengkonsumsi durian, tetap perlu membatasi agar tidak berlebihan karena durian banyak mengandung gula dan karbohidrat. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika memiliki kondisi tertentu seperti diabetes gestasional.

Kesimpulannya, apabila Anda hamil/istri kita hamil makan durian tidak berbahaya asalkan dikonsumsi tidak berlebihan dan jika kondisi sehat dan janin juga sehat. Namun, durian perlu dihindari atau dikurangi jika Anda/istri kita sedang hamil memiliki kondisi tertentu seperti tekanan darah tinggi, preeklamsia dan obesitas. Durian juga perlu dihindari apabila sering mual dan muntah atau memperparah morning sickness.

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog