rubianto.id

15 November 2022

Materi Sosialisasi Manajemen Program Imunisasi Di Puskesmas

Pengelola program imunisasi di Puskesmas memegang peran penting sebagai pelaksana utama program imunisasi. Hasil analisa situasi program imunisasi rutin menunjukkan masih adanya disparitas cakupan imunisasi di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan, dimana jumlah anak-anak yang belum/tidak lengkap status imunisasinya masih banyak.

Permasalahan yang terjadi di lapangan yaitu ketersediaan SDMK disebabkan sebagian besar dari mereka terfokus pada kegiatan penanggulangan COVID-19, masih adanya kekhawatiran orang tua untuk membawa anaknya ke fasilitas pelayanan kesehatan karena adanya Pandemi COVID-19, kepatuhan petugas untuk melaporkan hasil pelayanan imunisasi/cakupan secara lengkap dan tepat waktu menurun, pergantian pengelola program imunisasi yang dinamis (high turnover), kualitas pelayanan imunisasi belum merata dimana masih dimana masih ada kesenjangan kompetensi petugas di daerah satu dengan daerah lain, perencanaan dan penganggaran daerah yang masih terbatas hanya terfokus pada kegiatan penanggulangan pandemi, adanya penolakan di masyarakat karena hoax/berita negatif mengenai imunisasi serta masih kurang optimalnya pemanfaatan data serta analisa/review cakupan dan trend PD3I secara rutin.

Keterampilan pengelola program imunisasi dalam merencanakan, melaksanakan dan memonitor kegiatan-kegiatan imunisasi untuk memastikan anak-anak di wilayah kerjanya mendapatkan imunisasi lengkap sesuai usia yang dianjurkan perlu terus ditingkatkan. Pada kenyataannya, mayoritas pengelola program imunisasi di puskesmas juga memiliki peranan rangkap dan terlibat dalam pengelolaan program lainnya sehingga komitmen dan kepatuhan pengelola terhadap peran dan tugasnya menjadi penting untuk kelancaran program imunisasi.

Berikut materi-materi yang bisa dijadikan bahan untuk dijadikan pedoman dan sosialisasi terkait manajemen program imunisasi di puskesmas :

Buku Pedoman Praktis Manajemen Program Imunisasi di Puskesmas

Materi Pedoman Praktis Manajemen Program Imunisasi di Puskesmas

Pemanfaatan Dana Desa untuk Kegiatan Imunisasi

Konsep Epidemiologi dan Kekebalan Komunitas dalam Penularan Kasus PD3I

Pemetaan Wilayah Resiko Tinggi PD3I

LINK Youtube Sosialisasi

Semoga bermanfaat...🙏🙏🙏

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog