rubianto.id

7 Mei 2015

Imunisasi Berhasil Cegah 3 Juta Kematian per Tahun

Direktur Bina Kesehatan Anak Kementerian Kesehatan, Elizabeth Jane mengatakan, imunisasi atau vaksin merupakan upaya kesehatan yang paling cost effective. Berapa pun mahalnya harga sebuah vaksin akan jauh lebih murah dibandingkan biaya pengobatan bila sudah terserang penyakit.

"Imunisasi akan melindungi anak dari kesakitan dan kematian akibat penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi. Ini menjadi hak anak yang harus dipenuhi setiap orang tua," kata Elizabeth Jane di acara "Pekan Imunisasi Dunia" di RSCM Jakarta.

Imunisasi menurutnya telah berhasil mencegah kematian sampai dua hingga tiga juta setiap tahun dan dapat melindungi anak-anak bukan saja terhadap penyakit yang vaksinnya telah tersedia selama ini, seperti difteri, pertusis, tetanus, hepatitis b, polio, dan campak, tetapi juga terhadap penyakit pneumonia dan meningitis melalui vaksin haemophilus influenzae type B.

"Imunisasi telah berhasil menurunkan 90 persen angka kesakitan dan kematian akibat difteri, pertusis, tetanus, dan campak bila dibanding 20 tahun lalu," ungkap Jane.

Karena itu, cakupan imunisasi yang saat ini baru sekitar 86 persen diharapkan bisa lebih ditingkatkan. "Kita harapkan cakupan imunisasi dasar di setiap desa bisa mencapai di atas 90 persen," imbuh Jane.*beritasatu
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog